Sabtu, 08 Desember 2018

Wisata Sejarah Kota Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan



Sudah hamper dua tahun kami kembali tinggal di Surabaya, namun baru minggu kemarin kami berkesempatan mendatangi monument tugu pahlawan yang terletak di jalan Pahlawan, Surabaya. Letaknya berseberangan dengan kantor gubernur Jawa Timur.

Mengunjungi wisata sejarah banyak manfaatnya, antara lain menambah pengetahuan anak-anak tentang sejarah, memupuk semangat bhinneka tunggal ika, menyelami kejadian di masa lalu yang pastinya bermanfaat sekali ketika suatu saat akan menjadi bahasan aktivitas di sekolah.


Monumen tugu pahlawan menjadi markah kota Surabaya. Memiliki tinggi 41.15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monument berbentuk lengkungan-lengkungan sebanyak 10 dan terbagi atas 11 ruas.Tinggi, ruas, dan lengkungan memang mengandung makna sejarah tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Tanggal bersejarah bukan hanya bagi penduduk Surabaya tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Tugu pahlawan memang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu.

Di bagian depan, urban mama akan melihat patung proklamator Soekarno – Hatta. Dan sekeliling lapangan urban mama dapat melihat patung-patung para pahlawan yang terlibat pada peristiwa 10 November. Selain itu juga terdapat kendaraan yang digunakan oleh Bung Tomo di dekat pintu masuk museum.


Museum sepuluh November tak kalah menarik. Desainnya yang mirip museum Louvre, kata anak saya. Atap segitiga-segitiga terbuat dari kaca dan sekelilingnya dikelilingi kolam ikan koi dan bunga teratai. Di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah mulai dari senjata, pakaian, peta, surat kabar, surat-surat, uang dan diorama detik-detik peristiwa 10 november. Dan di sana urban mama juga bisa mendengarkan orasi Bung Tomo yang sangat terkenal itu.




Untuk hari sabtu museum buka pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Tiket masuk seharga Rp 10.000,- per orang. Seru kan? Ini bisa menjadi selingan alternatif selain menghabiskan  weekend di Mall.

Rabu, 05 Desember 2018

10 Akun Instagram Favorite


Terberkatilah penemu Instagram. Menurut saya Instagram itu sosial media yang menciptakan dunia lain. Ya habis gambar itu kan multi tafsir ya? Instagram saya sendiri jauh dari estetika. Lebih ke album foto. Hahahaha…..Kalo suami saya, tone Instagramnya dijaga sekali. Eh, tetep boleh lho follow saya @Primadika_a  kadang-kadang saya suka ngelawak.

Baiklah, 10 akun Instagram favorit saya :


Ini akun yang diasuh oleh kembar Identical Camilo dan Francisco Maldonado. Yang satu dokter dan yang satu di industry finance. Lulusan Harvard dan Mayo Clinic. Kalo urusan sama anak kembar sky rocket gini aku deg-deg-an, secara anakku juga kembar identical. Tips dan artikelnya sangat aplikatif banget.


Ini suka jadi inspirasi soal masak memasak. Kalo lihat si cici masak kayaknya guampil dan anti gagal gitu ya. Dan yang paling suka, dia itu suka banget ngoprek resep jajanan pinggir jalan. Kayak pas bikin es milo kepal, telur gulung sosis. Kalo lihat di Instagram aja susah. Biasanya untuk lebih rinci, aku lihat lagi di channel youtubenya.


Oh yeah…. Yang lagi trend di kalangan milenial. Financial advicernya para milenial. I am not their die hard fans. Jouska itu aku kenal dari Tita. Dari follow jouska aku tuh berani mengalihkan semua reksadana sahamku ke saham langsung. Dan mulai belajar serius gimana baca laporan keuangan, Analisa fundamentalis, mulai belajar tentang timing pula.


Ya alasan yang sama dengan kenapa aku suka blog mereka. Kalo Instagram sih lebih ke tips practical, atau rangkuman blog mereka. Dan termasuk kalo mereka buat acara-acara pasti diumumin di sana


Ownernya sih ngga pernah rilis mukanya. Pertama kali follow kupikir orang jepang kok. Yang dimuat sih tentang interior, design, dan senafasnya itu. Memberikan ide-ide selama pembangunan rumah kutisari.  Seneng deh lihatnya.


Awal mau follow itu kupikir postnya itu post dari IKEA. Ternyata bukan. Akun milik pribadi. Emang dia itu entah arsitek, entah designer interior. Tinggalnya di rumah yang munggil. Tapi kece banget penataannya. Dan barangnya IKEA semua. Hahaha…


Nah, ini adalah akun yang membantuku belajar tentang pengelolaan sampah. Ternyata orang di balik layarnya itu adiknya temanku. Kan, dunia sempit. Bikin lebih memikirkan lagi untuk hidup lebih ramah lingkungan dan berkesinambungan.


Jennifer ini kayaknya sosok yang asyik. Sayang demen lihat Instastorynya tidak lantas membuat aku bangun dan workout. Hahaha….. Tapi ya aku tuh ngikutin dia sejak tinggal di Sapporro. Pas di Sapporro itu she is more ‘normal’. Kalo pas di Bali kan berasa selebritas.


Buatku si mbak ini lucu. Terlepas dia A-list Hollywood person. Istri John Legend. Tapi yang di post Sukanya yang normal. Kegiatan masak, main sama luna. Ngado Nutella. Yak to itu normal.


Hahaha…serius sumpah aku follow mbak ini. Tahu ngga, kalo di majalah sosialita A list, mbak ini kan wow. Tapi kalo di instastory lebih sering pake yoga pants atau hotpants, terus hoody sweater. Tapi kece badai. Duh!

Selasa, 04 Desember 2018

Destinasi Wisata Impian


Jika ditanya soal negara/kota/tempat wisata impian itu buanyak di benak. Apa daya sumber dananya terbatas *Nyengir*. Aku suka deh kalo topik tulisan ini ngayal-ngayal jadikan sekalian mevisualisasikan apa yang ada di angan. Kalo di dalam negeri pengen bawa LiLo ke tempat leluhur, Medan dan Banjarmasin. Ya ampun tiket ke Medan itu mahal sekali ya? Pilihan direct pun hanya Lion. Yang jujur, pasca kecelakaan Lion Max aku itu kuatir doble-doble. Terus pengen ke Belitung, ke Banyuwangi, Ke Bromo. Buanyak ya.

Kalo keluar negeri kepengen, pengen, pengen ke tempat yang ada Disneyland-nya. Ya tentu dengan mengajak LiLo turut serta. Kalo tolak ukurnya Disneyland maka pilihannya Amerika atau Jepang. Hongkong,Prim? I prefer Japan, deh. Ok, mari kita kerucutkan khayalan kita menjadi paket wisata yang terencana. Hahaha…. Kan memang mau menarik-narik semesta *wink*.




Perjalanan ini dimulai dari Surabaya ke Osaka dulu. Kalo start dari Surabaya pilihannya transit di Kuala Lumpur, Singapore, atau Jakarta. Dari situ baru bisa nyampai ke bandara Kansai Osaka. Sampai di Osaka mau ngapain? Mau ke pasar Kuromon, terus ngajakin ke Floating Garden Observatory yang pasti disukai Logan. Karena bangunan Umeda sky builing ini pernah terpilih menjadi 20 arsitektur terbaik dunia. Mengunjungi Kaiyukan kolam akuarium terbesar di dunia, lalu ke sebelahnya nyobain Bianglala Tempozan yang tingginya 112,5 meter.  Errr….serius itu bianglala butuh waktu 15 menit buat muter. Dan tentu Universal Studio Japan seharian. Hahaha….


Baru kemudian dari Osaka ke Tokyo mencoba naik Shinkansen. Di Tokyo mau kemana? Mau ke Uniqlo sama Yoshinoya, hehehe….. Ya standard maunya ke patung legendaris Hachiko, Terus ke Tokyo Tower, dan tentu pamungkasnya Tokyo Disneyland dan Tokyo Disney sea. Di kunjungi dalam dua hari, nginepnya di Tokyo Disney Resort. Baru dari Narita pulang ke Surabaya.



Hahaha….ngayal itu enak dan bebas kan ya? Boleh lho sponsor yang mau membiayai kami plesiran ke Jepang. Ngga usah nginep di Disney resort, deh, Aku tahu itu mahal. Cost 65.000 yen.  Hahaha… ya Namanya juga ngayal. Harus divisualisasikan dengan rinci dan baik dan semesta mendukung *oles-oles abundance*

*Semua gambar courtesy https://matcha-jp.com/id

Sabtu, 01 Desember 2018

5 Tips Hidup Sehat


Tema hari ke-12 ini sangat tak layak untuk saya tulis, walau saya sendiri pernah mengikuti kompetisi blog healthy lifestyle dan memenanginya. Ok, di usia saya yang tahun depan InsyaAllah akan 35 tahun healthy lifestyle ini memang menjadi isu crucial. Karena gaya hidup sehat itu investasi masa depan yang muahal harganya. Healthy lifestyle memang mahal tapi sakit jauh lebih muahal. Terus apa yang kamu lakukan Prim untuk menunjang gaya hidup sehat?

Pic From Here

Medical Check Up

Tes darah kolesterol, gula darah, sgot, sgpt, ya standar saja dan ditambah usg payudara dan pap smear yang rutin saya lakukan. Kandungan kolesterol saya tuh yang mesti mendapat perhatian Dengan melakukan tes darah, saya berharap bisa jadi early warning ya buat kesehatan diri saya. Istilahnya kaki berani berpijak menghadapi kenyataan.  No halu-halu club!

Air hangat + perasan lemon

Sebelum memulai hari saya mengkonsumsi segelas air hangat ditambahi satu sendok makan perasan air lemon. Saya minum semenjak melahirkan LiLo. Dengan maksud sebagai immunity booster karena lemon sebagai sumber vitamin C dapat bermanfaat sebagai anti oksidan. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa lemon mampu membantu sistem pencernaan mencerna makanan dengan mudah dan mencegah penumpukan racun.

Mengkonsumsi cukup air putih

Saya berusaha membuat badan saya selalu terhidrasi dengan baik. Saya itu gampang banget dehidrasi karena sering banget berkeringat. Indikasi kurang air minum biasanya saya deteksi dari air seni. Kalo sudah kuning menggelap tandanya kurang minum. Dan tentu kepala akan kliyengan. Minum juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

Mengunakan sunblock ketika beraktifitas di luar ruangan

Ya, Sunblock adalah perawatan wajib yang harus saya gunakan sebelum keluar rumah karena melindungi kulit dari inflamsi akibat sinar UVA maupun UVB. Sebelum kita bicara kanker kulit, bahaya sinar UV terhadap kulit, ternyata menggunakan sunblock itu bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Kerutan halus itu dapat dicetuskan oleh panas matahari.

Gaya hidup aktif

Nah, ini nih pamungkas yang susyah dilakukan jendral. Gegoleran kayaknya lebih nikmat. Hahaha…. Faktanya pekerjaan rumah tangga itu bukan olah raga. Syedih. Saya suka ngerasa udah nyapu, ngepel, seterika itu ya sudah. Ngga usah ribet lagi mesti olahraga lagi. Padahal ngga begitu. Gaya hidup aktif juga membantu kamu untuk lebih bugar, ga gampang lesu. Dan yang paling saya suka ini membantu saya menjaga mood biar ngga moody.

Dan satu lagi yang perlu ditambahkan, detox relationship yang penuh racun *wink*


Jumat, 30 November 2018

5 Buku Favorit


Kalo ditilik lebih lanjut sebenarnya hobi blogwalking itu berhulu pada hobi membaca. Benar? Saya termasuk orang yang suka membaca. Seiring teknologi berkembang, saya yang semula hobi baca buku kini beralih menjadi hobi baca sosial media #eh. Ngga termasuk ya? Hehehe…. Iya lho, social media itu mempengaruhi banget reduksi minat baca. Apalagi social medianya forward hoax, alamakjang. Syedih.

Padahal membaca merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat. Selain menambah wawasan serta informasi, berbagai studi menjelaskan bahwa membaca bermanfaat bagi otak dan tubuh. Seperti yang saya kutip dari majalah Oprah; memberi kekuatan bagi memori. Walaupun yang kita baca itu sekedar tips membuat kopi hal itu tetap membuat bagian otak mengembangkan kemampuan imajinasi, bahasa, dan asosiatif. Menghilangkan stress, Ya benar….asal yang dibaca bukan buku tabungan dengan saldo tiris *pingsan*. Menjaga organ otak agar tetap aktif dan tajam. Yang saya lansir dari majalah Prevantion, membaca menjaga kesehatan otak untuk tetap berfungsi dengan baik.

Berikut lima buku favorit saya :

Berteman dengan demam, Buku karya dr. Arifianto Sp. A dan dr. Nurul I. Hariadi, FAAP ini bermanfaat sekali buat emak-emak yang kecemasannya mudah tersulut. Apalagi kalo sudah urusan dengan anak sakit. Padahal demam itu kalo overtreatment juga tidak lebih baik buat tubuh.

TEACH ME TO DO IT MYSELF. Siapa yang tak mengenal Maria Montessori? Buku yang ditulis oleh Maja Pitamic ini tentang metode Montessori dalam ngajarin anak dengan dalam aktivitas sehari-hari. Buku ini membantu sekali ketika kami musti di rantau. Di saat hanya ada saya dan suami saja.

The Life changing mag of tidying up by Marie Kondo. Buku panduan bagi orang-orang yang mau bergerak menuju gaya hidup minimalis. Kalo ngelihat acara rumah-rumah orang jepang yang minimalis itu nyenengin ya.

Hati yang gembira adalah obat. Buku karya Sophie Navita ini sebenarnya tentang dia. Tapi ada beberapa resep yang seru gitu buat diikuti terutama jus-jus-an.

Terakhir dan sangat membantu aku dan keluarga itu bukunya Pak Toge Aprilianto, Kudidik diriku demi mendidik anakku. Metode ruasito yang kugunakan untuk hubungan orang tua – anak, dan pada prakteknya bisa juga diterapkan kepada suami istri.

Cerita 100 juta


Tema #BPN30challenge2018 hari ke 11 yaitu tentang barang yang dikoleksi di rumah. Dan aku ngga punya. Aku hanya mengkoleksi memory yang tersimpan dengan rapi di lobus frontalis saja. Semenjak mempraktekan hidup minimalis saya berusaha untuk tidak menumpuk barang. Dulu saya menganggap membaca, membeli buku dan mengkoleksinya it will spark my life. Nyatanya buku-buku itu sekali dibaca lalu bertengger di rak. So, saya menyimpan buku-buku yang sering saya buka dan menghibahkan ke perpustakaan kampung buat buku-buku yang sekali baca lalu ngedon. Harapannya orang lain bisa mendapat ilmu dan aku ngga perlu rempong bersihin rumah. Karena rak tanpa penutup itu rentan debu.

Jadi, kita akan nulis apa buat hari ke 11? Bagaimana kalo kita nulis ngayal saja? Kalau mendapat hadiah uang 100 juta, apa yang akan kamu lakukan?


Uhm,…..

Ngelunasi biaya renovasi rumah. Hahaha….straight forward. Iya lho, utang itu membuat tidur ngga nyenyak, makan tak enak. Dan saya percaya, kalo kita menyegerakan membayar hutang, insyaALLAH rejeki kita pun dipermudah Allah. Setuju?

Tapi kalo bicara lain, kalo dapat uang 100 juta, saya belikan saham semua. Pembagian proporsinya gimana? Nyontek aja funfact sheetnya BNP Paribas  Pesona Syariah. Kubelikan Astra, ICBP, TLKM, Unilever,United tractor masing-masing 20 juta. Terus merem, ditengokin sekali-sekali, terus dilihat hasilnya 10 tahun lagi. Dan dianggep uang kaget. Bhihihik….ngayal kan bebas ya seus. Hadiah darimana juga 100 juta. Eh, ini disclaimer lho ya. Aku ngga ngajak atau nyuruh orang beli saham-saham di atas.

Berapa persen probabilitas itu akan terjadi? Aku juga ngga tahu. Atau jangan-jangan pada kenyataannya aku justru sibuk booked tiket liburan sekeluarga ke Jepang pas sakura muncul tahun depan. Bwahahaha…..kayaknya ini deh yang mungkin. Tapi aku tuh pengen ke Jepang lagi. Kalo ke New York kejauhan ya, susah pula masuknya. Kalo ke Jepang masih asia juga. Boleh lho, silahkan sponsor yang butuh mamak blogger buat ngajakin aku jalan-jalan ke jepang beserta keluarga.

Kemudian hening.

Kemudian sudah 300 kata saja. Hahaha…. Namanya juga ngayal ya kan?


Rabu, 28 November 2018

5 Blog Favorite


Kalo ditanya tentang blog favorite di bar sebelah kanan di blog ini sudah terpampang nyata link-nya. Dan disuruh milih lagi menjadi hanya lima itu…hmmm… susyah. Ini blog-blog yang aku rutin blogwalking dari kapan tahu namun sayangnya sekarang semenjak ada Instagram, mereka jarang update blognya serutin dulu. Aku juga sih…. Hehehe.

Bo’ aku itu ngikutin blog Naomi Davis dari anaknya baru Elenor aja dan sekarang anaknya udah lima orang. Dia blogger kondyang level internasiyenel yes. Awal ngikuti karena dia tinggal di New York. Kota yang pengen banget aku kunjungin. Blognya enak dibaca karena narasinya ditunjang dengan foto-foto yang awesome. Apatermen kecil, sempit, berantakan aja bisa dibuat cute. Bagus banget buat mata.

Lokal punya kalo ini. Sekarang mbak Laila getol jadi instruktur olah raga. Tapi aku kesasar baca blognya karena tulisan dia soal amusement park. Ampun dia itu dewanya per-disneyland-an. Coba cari kan lengkap. Eh, Disneyland Paris udah belum sih? Yup dulu nyasar di sini saat akum o ke Disneyland jepang. Tapi tulisan dia yang lain itu asoy juga. Salah satu yang viral yang pernah kalian baca mungkin soal Awkarin *nyengir*

Tokyo times sih lebih ke foto ya. Buat mengobati rindu dengan Jepang yang unik. Sebelumnya ada Geek in japan, tentang orang spanyol yang tinggal dan bekerja di jepang, blognya terkenal banget sampai dicetak menjadi buku. Cuma ntah kenapa dia sudah berhenti ngga ngeblog lagi. Foto-fotonya di Instagram masih, sih. Mungkin Instagram lebih cocok mengakomodir foto-fotonya daripada blog.

Ini blognya penulis Ninit Yunita. Saya sudah ngikutin blognya dari mereka tinggal di Afrika, dievakuasi saat perang terjadi di Azerbaijan. Saat anak mereka yang pertama nunggu di Lorong rumah sakit di Singapore ketika ibunya lahirin adiknya. Eh, tahu-tahu si kasep udah SMP aja.

Blog yang digawangi sama Nike Prima dan Mamiraz ini banyak menulis soal home décor, interior, renovasi. Foto-fotonya itu lho cantik-cantik. Kalo lagi males beberes, aku suka sekali mencari booster dengan ngelihat foto-foto di sini.