Rabu, 10 Februari 2016

Oleh-Oleh Khas Manado

Apa sih oleh-oleh yang pas dibawa dari Manado? 

Nasi Kuning


Nasi Kuning merupakan makanan khas Indonesia. Yang membedakan, nasi Kuning ala Manado ini dilengkapi abon ikan cakalang. Yang terkenal, sih nasi Kuning Saroja, ya. DSA-nya LiLo suka banget minta dibawain nasi kuning Saroja. Kalo beli di Saroja mereka sudah mempersiapkan paket yang bisa dibawa terbang. Tapi ya cuma bisa bertahan sehari. Harganya Rp 18.000,- sebungkus. Bukanya dari jam 04.30, lho.


Klapertart



Ini kue sepertinya fusion dari Belanda, ya. Klapertart yang terbuat dari kelapa muda ini enak kalo disajikan dingin namun tidak beku. Saya paling suka membeli di Cella. Harga berkisar Rp 40.000 - Rp 200.000 tergantung size. Bisa dipesan pula yang tanpa rhum.

Kacang goyang


Menurut cerita orang Minahasa, nama kacang goyang dimasukkan dari proses pembuatannya. Kacang tanah yang masih di dalam kulit lalu disangrai menggunakan pasir kemudian digoyang-goyang. Lalu dilapisi cairan gula warna-warni.

Pala

Olahan pala jamak di Manado. Ada manisan pala, ada pula yang bebentuk sirup. Bedanya dengan daerah lain, pala pake cairan gula, bukan gula pasir langsung.

Halua kenari


Kacang kenari tumbuh subur di Sulawesi utara. Kacang kenari dibungkus dengan gula merah. Manis lengket-lengket gitu. Kalo makan bisa ga berhenti.

Bagea

Bagea terbuat dari bahan sagu, kenari, kacang tanah, bahan lainnya, kemudian dibungkus dengan daun khusus, dan dipanggang dalam oven. Makanan ini juga terdapat di daerah Indonesia Timur, seperti Maluku dan Papua. Sensasi rasa manis, gurih, dan wangi aroma khas kayu manis, menjadi keunikan tersendiri.

Sambil Roa


Dan tentu saja sambal roa 😘

0 komentar: