Sabtu, 26 Desember 2015

Liburan

Memasuki penghujung tahun ada natal dan tahun baru. Tahun ini liburan natal cukup panjang, kamis sampai minggu. Apalagi bertepatan dengan libur sekolah anak-anak. Pas untuk liburan keluarga.


Bagi saya liburan keluarga tidak selalu bermakna pergi ke luar kota apalagi ke luar negeri. Mengingat-ingat masa kecil saya, ngapain ya liburan panjang?!

Buku

Setiap liburan adalah masa saya panen buku. Iyes, ibu saya membelikan bisa sepuluh buku langsung. Bukan komik manga. Seri tokoh dunia, lima sekawan, pasukan mau tahu dll. Saya kelas 2 SD sudah tamat membaca mahabarata. 

Sepeda

Tentu tidak hanya baca buku. Yang paling saya suka ketika liburan, pagi-pagi bersepeda sama genk hore, yang kalo masa sekolah ngga mungkin di lakukan. Jaman dulu masih jarang kendaraan sih ya. Dan kriminalitas culik-culik belum semarak seperti sekarang.

Berkemah

Berkemah di halaman. Hahaha....cupu ya? Sepupu saya bawa tenda lalu kita dirikan di teras. Tapi kalo malam tetap sih bobo di kamar. Hahaha....gayanya aja selangit pas pagi, sok-sok-an mo tidur di tenda. But it so fun. Main rumah-rumahan always fun, kan?

Craft

Selain buku, ibu saya juga membelikan paket craft. Belinya di gramedia. Box bikin boneka tangan, kotak pencil. Uhm...mungkin kalo sekarang semacam gummybox atau menthilis gitu lah. Bikin craft bukan favorite saya, sih. Tapi kalo ditantang seneng-seneng aja :p

Masak-masak

Tidak bisa dilakukan setiap hari karena mama saya kan kerja. Tapi ini salah satu aktivitas yang ditawarkan beliau. Bikin pudding. Bikin es loli. Ya gitu-gitu aja sih, tapi pas masih kecil amazing dan happy banget.

Sewa Video

Jaman dulu masih pake kaset video. Papa suka nyewa film silat. Terus aku sama Mbak yang kerja di rumah rambutnya dikepang-kepang kayak pemain silat. Kids copy. Hahaha...

Sawah

Kakek saya punya sawah di Lamongan. Bo' anak kecil mana yang ngga happy main lumpur? At least daku dan sepupu. Mancing di tambak pake bom. Maksudnya, mancing sambil ngelempar pelet. Jadinya ikan cepet banget dapatnya. Mbah kung saya...ya sudah biarin aja pokok Cucu bahagia : ))

BBQ

Oya....salah satu yang disuka dan masih saya lakukan sampai usia kuliah sama sepupu atau tetangga bikin BBQ party. Eat, laugh, friend. Bahagia banget. Bikinnya di halaman sambil ngobrol ngalor ngidul.

Ya itulah kegiatan saya semasa kecil. Simple tapi saya terkenang sampai saat ini. Hahaha....atau saya memang orang yang mudah disenangkan?! I don't know stay at home with people I love feel amazing. Natal tahun ini kami tidak ke Surabaya. Membawa back and fourth anak-anak sebentar-bentar kok kasian ya. Padahal akhir tahun acara di Surabaya banyak. Doraemon, frozen...woah. Lalu 4 hari ini ngapain? Di rumah aja jaga komplek. Hahaha....paling kemarin ke indomaret beli camilan dan tadi ke mall buat beli daging. Pasar di Manado sepi pas natal kayak Surabaya pas lebaran :-) Anak-anak saya - untuk saat ini - sih enjoy aja. Anak-anak di ajak ke halaman Bu Maksum buat ngejar-ngejar ayam sudah happy. Patroli keliling komplek (yang tak berpenghuni). Dan tentu keruntelan di kasur dan nyamil. 

So, jangan sedih kalo ngga bisa bawa anak-anak pergi pas liburan sekolah. Yang saya ingat dari masa kecil saya, 'Saya ingin kehadiran orang tua saya. Titik'. Tapi tidak juga salah kalo liburan diisi ke tempat-tempat wisata. Kids juga perlu memaknai pengalaman, bukan?

Kalo boleh mengutip kalimat opa Dono dari tulisa ini : "Kebahagiaan, kesukacitaan, kegembiraan, keriangan, dan kedekatan emosional bisa didapatkan di dalam rumah. Di halaman sendiri. Di kamar sendiri. Yang dibutuhkan hanya kreativitas dan inovasi merancang kegiatan dan yang paling fundamental: kesediaan untuk membagi sukacita di hati kita kepada pasangan dan anak-anak

Kebahagiaan itu ada di hati Anda, bukan di Puncak atau tempat wisata lainnya"

Selamat berlibur.

Tidak ada komentar: