Jumat, 30 Oktober 2015

Mati Listrik

Semalam sepupu BBM panik karena listrik mati. Ini hari kedua, kemarin juga mati listrik, katanya. Mungkin sebab PLTG Muara karang - Priok terganggu sehingga pasokan listrik jawa-bali pun terganggu. Paniknya kenapa? Anak balitanya ngamuk karena mati listrik :-) Trust me. Mati listrik itu nyebelin. Orang gede yang kemampuan beradaptasi lebih baik (harusnya) aja sebel apalagi nak kanak bayi.


Di Manado sejak kembali mudik lebaran, (astagfirullah) pembangkit listrik Tonsea selalu gangguan. Bwahahaha.... Walhasil kedapatan jatah mati listrik setiap hari. Rata-rata 4-5jam. Tapi pernah tembus 12 jam. Bahan makanan di kulkas terutama dairy products berakhir di tong sampah. Walau di Manado ini sudah multiple pembangkit sepertinya masih besar pasak daripada tiang. Entah banyak yang curang mencuri listrik atau gimana jadinya pasokan defisit mulu.

Lalu LiLo ngga rewel karena gelap atau sumuk? Hamdalah Allah Maha Besar. Maha Baik dalam menjaga LiLo. Kalo kata orang jawa, kersane ngalah mereka bisa beradaptasi. Di awal di sini usia 16 bulan juga dalam kondisi hobi mati listrik. Waktu itu bukan karena kemarau tapi habis bencana bandang jadi instalasi rusak. Itu saya was-was, gimana kalo rewel? Dua anak rewel not a good choice, right? Lagi-lagi mereka bisa beradaptasi. Memilih bersuka cita dalam kesempitan. Ini harus dipelajari. Karena daku senewen. Duh, gimana nanak nasi. Duh, mati listrik saat jatah air ngalir berarti no air sampai besok, gimana ikan di kulkas, abcde.....banyak bener kuatirnya seus :p

Gelap

Syukurnya karena tinggal di komplek perkantoran jatah mati listrik kedapetan malam. Lumayan, kerjaan rumah ga keganggu. Maklum orang modern. Pemalas. Apa-apa home applications attached ke listrik. Soal gelap? Emergency lamp. Yes, saya nggak membeli genset. Rumahnya kecil. Ruang terbuka buat meletakkan genset dengan aman ngga ada.

Sumuk

Alhamdulillah kami tinggal di rumah beratap seng. Yes, kayak rumah upin ipin. Panas? Woohoo... Hahaha. Kami punya AC. Membeli bekas dari tetangga yang mutasi homebased. Tapi.....ternyata daya listrik ngga cukup buat nyalain. Hahahaha.... Jadi AC terpasang tanpa pernah nyala :p Ya, salah satu penolong kipas angin. Tapi kalo mati listrik? Ngungsi ke hotel? Ngungsi ke mall? Sayangnya aku terlalu pemalas buat capek nganggon anak yang ball energizer di tempat umum. Salah satu jurus....buka jendela. Untungnya cukup asri lingkungan sekitar. Nyamuk? Pake essential oil buat ngusir :D terus pake baju minimalisi buat  LiLo. Celana pendek dan singlet. Kalo basah keringat sering-sering digantiin. Baru kalo ga ada angin blas, pake portable kipas angin yang pake batere. Itu lho yang bisa attached ke stroller. Sedia banyak batere AAA kalo ngga mau ngipasi pake tangan :p

No TV 

Namanya juga no listrik. Terus hiburan LiLo? Emaknya ngelawak. Nggakkkk. Actually dengan listrik pun LiLo ngga attached sama TV banget. Kalo pagi yuk ya yuk kita di halaman main bola. Siapa tahu ketemu binatang jadinya learning thru playing. Kalo malam?! Mari kita bermain bayangan, mainin keyboard mainan, hafalan surat-surat pendek, pijat-pijatan, nyamil, mainin mainan seperti biasa asal bukan main cat, pasir, dough. Ya gitu deh. Oh ya tablet membantu tapi tetap stick sama aturan. Ya, daripada bahagia sesaat lalu anaknya candu. Enaknya kalo mati listrik malam.... Better sleep then. Ga ngehibur lama-lama.

Begitulah cerita emak lebay bin pemalas how to deal sama balita plus mati listrik. Semoga kemampuan LiLo bersuka cita dalam kesempitan berlanjut. One day siapa tahu mereka harus tinggal di Dubai yang panas, Finland yang dingin, Chicago yang windy, atau mesti ke pelosok yang belum ada listrik. Ngga mau pokoknya jadi orang kaya yang lagi di Alaska lalu minta anak buah nyediain Padang gurun. Ya pokoknya jauhlan dari sikap cranky arrogant mbencekno hingga dewasa kelak.

Tidak ada komentar: