Senin, 16 Februari 2015

EECP

Apakah anda pernah dengar bahwa ada pengobatan penyakit penyumbatan jantung koroner tanpa operasi atau yang dikenal dengan EECP? Pak Naryo sedang menjalani ini.



EECP (ENHANCED EXTERNAL COUNTER PULSATION) merupakan suatu metode pilihan lain pengobatan kedokteran untuk penyakit penyumbatan jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah koroner jantung sehingga jantung tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Gejalanya biasanya disebut angina pectoris yang berarti nyeri dada atau perasaan berat, tidak enak maupun seperti tertekan di dada yang disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otot jantung akibat penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner jantung. EECP atau dalam bahasa awam pompa jantung merupakan pilihan terapi di samping terapi dengan operasi PTCA (awam mengenalnya dengan pemasangan ring atau stent atau balon) ataupun operasi bypass. Berbagai bukti-bukti ilmiah sudah diperoleh mengenai keberhasilan pengobatan EECP. 

Prinsip pengobatan EECP adalah pembentukan bypass alamiah pada pembuluh darah jantung sehingga area jantung yang pembuluh darahnya sudah tersumbat dapat memperoleh kembali pembuluh darah baru sebagai kolateral dari pembuluh darah koroner utama. EECP dilakukan sebanyak minimum 35-36 kali berturut-turut setiap hari 1 jam. Harganya 10 juta satu paket itu. Tujuan pengobatan EECP selain memperbaiki aliran darah ke jantung adalah mengurangi nyeri dada, meningkatkan kemampuan beraktifitas, meningkatkan energi tubuh dan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit jantung koroner baik yang belum maupun sudah menjalani operasi sebelumnya.

EECP merupakan terapi rawat jalan. Anda tidak perlu menginap di rumah sakit seperti pada pengobatan dengan jalan operasi. 

Semoga pengetahuan ini menambah informasi. Salam sehat selalu.

Tidak ada komentar: