Rabu, 03 Desember 2014

Essential Oil

Berat badan turun? Konsumsi saja minyak grapefruit dicampur air. Flu? Teteskan minyak nganu ke bawah lidah. Klaim yang bertebaran di Instagram bahwa botol kecil ini aman untuk dikonsumsi langsung, dioleskan langsung atau diteteskan langsung ke kulit sekaligus menyembuhkan secara mudah penyakit tertentu. Well, saya kenal essensial oil around 2005-2006. Karena tugas business plan saya berhubungan dengan essensial oil. Not the expert but somehow saya ngeri dengan penjabarannya yang seolah-olah sederhana. Padahal setahu saya untuk menentukan minyak atsiri yang tepat bagi masalah kesehatan, certified aromatherapist saja perlu memeriksa kondisi tubuh seseorang dengan ditunjang berbagai data kesehatan. Sama seperti dokter yang akan membuat resep obat. Begitulah. Jadi tidak sesederhana itu.

Ada yang bilang, ini kan dari tanaman. Identik dengan sesuatu yang natural. Tapi sejauh saya dulu belajar, ada aturan tertentu. Misal, citrus base oil itu photosensitivity, alias pemakai gak boleh terpapar sinar matahari sekian jam setelah pemakaian. Dan masih banyak syarat dan ketentuan berlaku lainnya. Kebayang kan, untuk jadi minyak atsiri butuh berkilo-kilo tanaman.

Peringatan dari Alliance of International Aromatherapists berikut bisa menjadi bahan pertimbangan:

“AIA does not endorse internal therapeutic use (oral, vaginal or rectal) of essential oils unless recommended by a health care practitioner trained at an appropriate clinical level. An appropriate level of training must include chemistry, anatomy, diagnostics, physiology, formulation guidelines and safety issues regarding each specific internal route (oral, vaginal or rectal). Please refer to the AIA Safety Guidelines for essential oil use”. 

Lagi-lagi kalo nggak salah, untuk jadi terapis butuh 200 jam belajar.

Saya sendiri sampai hari ini baru berani mencoba tahap difuse.


With regard to inhalation, inhalation, from a safety standpoint, presents a very low level of risk to most people. Even in a relatively small closed room, and assuming 100% evaporation, the concentration of any essential oil (or component thereof) is unlikely to reach a dangerous level, either from aromatherapy massage, or from essential oil vaporization.

Sisanya silahkan dibaca di sini.


Saya sendiri menggunakan essential oil dari vimala. But lately teman SMA-ku jualan the famous young living. Pilihan variannya lebih banyak dari Vimala. Namun up and down bergantung dollar.

So, tulisan ini dibuat sekedar sharing. Tetep berhati-hati dalam menggunakannya apapun.

Tidak ada komentar: