Selasa, 23 April 2013

Never ending question

Saat SMA : "Nanti mau kuliah apa?"
Saat mau lulus kuliah : "Mau kerja dimana?"
Saat sudah kerja: "Kapan nikah?"
Saat sudah nikah: "Kapan nih punya anak?"
Saat sudah punya anak dua langsung: "Kapan mau nambah adik lagi?"

Tarik nafas......hembuskan.

Kriuk kan, pemirsa?

Tapi begitu adanya. Want to know aza :)) Nggak jarang kita ditanyain begitu jadi sebel. Apalagi kalo lagi sensi, langsung ngeluarin golok buat ngegorok. Kadang si penanya cuma....yaaaa, iseng-iseng. Bingung kali nyari kalimat pembuka buat bercakap-cakap sama kita yang kece ini.

Pernah lho ada yang ngajakin chat via facebook nanya: "Sudah hamil?". Saya jawab: "Bismillah, doanya!" Tahu jawaban selanjutnya? "Duh, punya anak itu jangan ditunda-tunda. Pamali. Buat apa ngejar karir nggak akan ada habisnya bla bla bla". Hujan wejangan yang saya terima. Padahal saat itu saya baru saja melangsungkan upacara tujuh bulanan. Sambil makan procot buka facebook :)) Diakhir dia ngasih wejangan itu saya cuman ngebales pake emoticon smile. Dan si pemberi wejangan melanjutkan dengan cerita nyidamnya dia yang baru di trimester satu. Hah, ngelahirinnya duluan gue dong kakak?
Emang selama hamil nggak pernah cerita di facebook, sih.

Dan kejadian serupa tapi tak sama baru saja terjadi. Kali ini ditanyain temennya nyokap. "Kapan punya anak lagi?". Saya ngejawabnya dengan tertawa. Nggak! Tertawanya nggak melengking kayak kuntilanak kok. Karena yang nanya orang (yang usianya lebih) tua, saya jawab serius. "Kami penganut dua anak cukup tante". Dan....diberi wejangan dong kakak! "Nambah lagi satu perempuan. Kalo nggak ada anak perempuan itu susah".

Tolah-toleh.

Gimana kalo hamil 10 kali  anaknya laki-laki semua?!

Ya, begitulah fenomena di sini. Ada aja yang ditanyain. Sampai kapan semua ini selesai? Ah,......susah ngejawabnya nyonyah. In the end kita cuman bisa mengatur mulut dan pikiran kita sendiri tanpa punya kuasa mengatur mulut dan pikiran orang lain.

Tidak ada komentar: