Selasa, 14 Juni 2011

korean BBQ with a little Mexican twist.

Thank in advance for Goorme and also Kogyo as sponsor.

Saya itu sangat tidak yakin ketika harus membuat tulisan mengenai makanan. Apa yang dilihat dan apa yang dirasakan pasti ada yang tertinggal dan nggak mungkin tertuliskan dengan gamblang. Too flowery, but I'll try :p

Kogyo, korean BBQ with a little Mexican twist. Di Surabaya adanya di Surabaya Town Square unit 1 - 46 Surabaya. Sesuai dengan judulnya, Kogyo menyajikan makanan Korea dan juga makanan mexico. Di sini ada makanan Dolsot Bimbimbap. Itu lho nasi campur-campur khas Korea. Tapi malam itu saya dan Gym memesan dua jenis. Gym masakan Korea dan saya masakan Mexico.

Burrito
Burrito adalah salah satu makanan khas Meksiko. Makanan ini terdiri atas tortilla gandum yang diisi dengan berbagai macam daging seperti daging sapi, ayam atau babi (di Indonesia isi babi mungkin jarang ada kali ya), keju, tomat, kubis, sour cream. Kata burrito, dalam bahasa Spanyol, berarti "keledai kecil". Nama ini mungkin diberikan karena bentuk ujung tortilla gandum yang telah digulung mirip dengan telinga keledai. Atau mungkin juga burrito mirip dengan kantong-kantong yang biasanya digendong oleh keledai di Amerika Selatan. Uhm....mirip kebab tapi rasa kejunya yang menonjol.
 
Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.


Mojito
Sebuah mojito biasanya dibuat dari bahan:  gula, limun, air soda, dan daun mint. Kombinasi antara rasa manis, limun yang segar. Minuman ini sangat populer sebagai minuman musim panas di Dunia Barat. Dalam membuat mojito, air perasan limun ditambahkan pada gula dan daun mint. Campuran ini lalu dilumatkan secara halus dengan sebuah pelumat. Daun mint hanya boleh memar sedikit untuk mengeluarkan minyaknya dan tidak boleh diiris kecil-kecil. Akhirnya minuman ini ditambahi dengan es batu dan air soda. Daun mint dan sepotong limun dipakai untuk menghias gelasnya.


Ja jang myun
Makanan Korea populer. Yang membuatnya terkenal adalah saos kedelai hitamnya yang salty - not sure ini kecap apa bukan :p - 

0 komentar: