Sabtu, 08 Desember 2018

Wisata Sejarah Kota Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan



Sudah hamper dua tahun kami kembali tinggal di Surabaya, namun baru minggu kemarin kami berkesempatan mendatangi monument tugu pahlawan yang terletak di jalan Pahlawan, Surabaya. Letaknya berseberangan dengan kantor gubernur Jawa Timur.

Mengunjungi wisata sejarah banyak manfaatnya, antara lain menambah pengetahuan anak-anak tentang sejarah, memupuk semangat bhinneka tunggal ika, menyelami kejadian di masa lalu yang pastinya bermanfaat sekali ketika suatu saat akan menjadi bahasan aktivitas di sekolah.


Monumen tugu pahlawan menjadi markah kota Surabaya. Memiliki tinggi 41.15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monument berbentuk lengkungan-lengkungan sebanyak 10 dan terbagi atas 11 ruas.Tinggi, ruas, dan lengkungan memang mengandung makna sejarah tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Tanggal bersejarah bukan hanya bagi penduduk Surabaya tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Tugu pahlawan memang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu.

Di bagian depan, urban mama akan melihat patung proklamator Soekarno – Hatta. Dan sekeliling lapangan urban mama dapat melihat patung-patung para pahlawan yang terlibat pada peristiwa 10 November. Selain itu juga terdapat kendaraan yang digunakan oleh Bung Tomo di dekat pintu masuk museum.


Museum sepuluh November tak kalah menarik. Desainnya yang mirip museum Louvre, kata anak saya. Atap segitiga-segitiga terbuat dari kaca dan sekelilingnya dikelilingi kolam ikan koi dan bunga teratai. Di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah mulai dari senjata, pakaian, peta, surat kabar, surat-surat, uang dan diorama detik-detik peristiwa 10 november. Dan di sana urban mama juga bisa mendengarkan orasi Bung Tomo yang sangat terkenal itu.




Untuk hari sabtu museum buka pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Tiket masuk seharga Rp 10.000,- per orang. Seru kan? Ini bisa menjadi selingan alternatif selain menghabiskan  weekend di Mall.

1 komentar:

PAK BUSTOMI DI RIAU mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.