Senin, 26 November 2018

5 Kuliner Favorit


Halo, siapa yang suka makan? *angkat tangan*. Sebenarnya aku bukan orang yang suka mencoba masakan-masakan baru. Seleraku biasa-biasa aja. Hahaha…terus ini piye? Tadinnya mau nulis kuliner di Manado, namun ternyata catatanku nama jalannya sudah raib, hilang ntah kemana. Dan teman-teman angkatanku juga sudah pada pindah. Padahal, kalo makanan favorit di Surabaya mah banyak ya yang sudah bikin reviewnya. Kalo mau cerita soal kuliner  Manado kan musti hati-hati mana yang halal, mana nggak. Diantaranya aku tuh suka mie aceh yang di boulevard, mie cakalang, Jelly opa Alex, terus bubur ayam yang di depan hoten peninsula, nasi kuning saroja sih sudah melegenda ya, nasi goreng dasyat. Tapi tadi keakuratan datanya sudah ngga mendukung, daripada salah-salah ya.

Baik, mari kita mulai yang di Surabaya.

Calibre Coffee


Ini kedai kopi yang paling sering aku sambangi sama suami. Bukan starbuck, Prim? Hahaha…. Kenapa sering ke Calibre? Karena memang dekat rumah yang aku tinggali sekarang, jadi kalo mau kabur-kabur sebentar sama suami di saat jatah screen time anak ya bisa. Letaknya sebelum Grand city Mall. Menu kopinya single origin aku suka, terus makanannya enak-enak. Percayalah pastanya yummy. Panininya juga enak. Dan satu lagi yang penting, tempatnya instagramable. Ngga heran kalo ke sana ada aja yang sedang melakukan pemotretan. Dan….baristanya komunikatif.

GENKIE SUSHI


Resto Jepang yang selalu nempel dengan SOGO department store ini favorit kami karena porsi ramennya ramah perut. Lazimnya resto jepang ramennya kan gede-gede, bisa buat 2-3 orang. Lha kalo pergi sendiri kan kentang ya kakak ngabisinnya. Terus metode pencet-pencet layer IPAD dan makanannya dianterin sama shinkansen menjadi daya tarik sendiri buat anakku. Favoritku di sana Shoyu ramen.

Sate Padang Surya Gemilang


Dulu di daerah ngagel jaya selatan sebelah apotek, namun sekarang pindah bergeser beberapa bangunan. Coba saja pelan-pelan nyarinya, diurut saja dari tempat yang lama, kan pasti ketemu. Langganan dari keluarga mertua. Kalo di sana diajaklah ngobrol bahasa Padang. Ya, ngga ngerti. Hahaha….dulu sih ada martabak yang pake telur bebek dan kuah cocol yang pake banyak bawang merah. Cuma seiring waktu mungkin ngga ada peminat, jadi ngga ada lagi.

Mie Pangsit Tuban Pak Suci


Ya ampun, aku itu suka ngga tahu nama jalan. Apalagi kalo jalan kecil, yang diapalin Cuma jalan besarnya terdekat. Kalo ngga salah nama jalannya sidoluhur, deh. Seingatku macam nama kain. Yang membuat mudah ancer-ancernya jalan sebelah Gedung keuangan Indrapura. Mienya enak. Porsinya besar. Di sana kalo makan siang ramenya minta ampun. Pak Suci yang masak pangsit selalu pake sepatu dan kemeja, rapi jali macam pegawai kantoran.  Pernah kutanya kenapa begitu? Ngga kegerahan? Jawabnnya, biar sama dengan pengunjung yang biasanya memang orang kantoran. Cobain deh.

Baakwan Pak No Purwoodadi

PIC FROM HERE
Keterangan lebih lengkap di wisata kuliner
Yang ini aku juga ngga tahu nama jalannya yang terperinci. Ancer-ancernya jalan sebelum makam mbah ratu itu ke kiri lalu mentok, pas posisi tusuk sate. Tahu pak No karena diajakin sama bu DK, istri walikota Bambang DH. Terus keterusan deh beli di sana. Saya belum pernah berhasil ngegojek bakso ini karena ngga nemu di search engine-nya. Kalo ke sana sabtu. Karena daerah sana kan pusing pala berbie ya sis trafficnya.


Tidak ada komentar: