Selasa, 07 Agustus 2018

#Plasticfreejuly

Hahaha....i know, ini sudah bulan Agustus. Kelupaan publish sis.


So, yeah....kalo lihat di bulan lalu bertebaran tagar plastic free july di sosial media. Jadi maksudnya apa #plasticfreejuly ? Sebenarnya ini adalah gerakan global yang dipelopori oleh orang-orang di Australia Barat yang secara dramatis menggurangi penggunaan plastik dan meningkatkan proses daur ulang. Visi dan misi mereka sangat besar yakni dunia tanpa sampah plastik. Dengan harapan gebrakan di bulan July ini akan menjadi kebiasaan untuk seterusnya. Saya sadar, sehari-hari hidup kita dikelilingi plastik. Plastik murah dan mudah. Namun kemudahan itu ada yang harus dibayar di kemudian hari.

Hal kecil apa yang saya dan keluarga saya lakukan?

Bawa Rantang Dan Take Away Cup


Ilmu rantang itu didapat dari si mbah saya. Mbah Kung saya bekerjanya di lapangan. Beliau membawa rantang di mobil, kali-kali mampir beli soto, rawon, bakso. Apapun itu. Akhirnya jadi kebiasaan keluarga buat nyetok rantang di mobil. Btw, rantang itu bahasa indonesia kan? Hahaha. Lalu take away cup. Saya suka kopi. kalo memang niat minum kopi di kedai kopi, saya memilih cangkir. Kalo sudah niat take away ya bawa cup. Kedai kopi juga punya produk merchandise yang kece. 

Sedotan Pakai Ulang


Pola ini sudah saya terapkan sejak LiLo umur setahun, saat mereka mulai minum dengan bantuan sedotan. Bahan sedotan pakai ulang juga bermacam-macam. Ada bambu, stainless steel, silicon, atau plastik macam tupperware. Termasuk sumpit. Beli sumpit pakai ulang di Daiso.

Wet bags


Beberapa kali saya sempat bikin review tentang wet bags. Tas yang saya pakai untuk menampung pakaian basah habis berenang. Tujuannya untuk menghindari pemakaian tas kresek. Secara berenang bisa 1-2 kali seminggu.

Kantong Belanja


FYI, my mom kalo belanja itu suka di Lotte Mart Waru D/h namanya Makro. Di sana ngga pake kresek, Ya boleh ambil kardus tapi biasanya mamaku masukin bagasi aja. Dan itu juga jadi kebiasaan saya. Sekarang pun tote lipat juga seru-seru gambarnya.

Mainan Dari Barang Recycle


Lilo itu termasuk yang jarang beli mainan. Kemarin uang angpaonya dibelikan mainan dan dia tertarik dengan mainan green toys. Menurut labelnya ini hasil recycle dari milk jugs. Ini belinya waktu itu di Toys Kingdom.

Ada beberapa metode yang menurut saya berguna, tapi belum tahu ini bener apa salah, Yakni beli sabun, sampo family size. Ya, menurut saya dengan beli size family walaupun kemasannya dari plastik tapi ngga banyak-banyak juga sampah plastiknya. Memanfaatkan size Refiil, Aku juga ngga paham sih lebih efektif yang mana. Tetapi kalo di tempat tinggalku, ada ibu-ibu yang ngumpulin bekas refill sabun cair, sunlight, obat pel, katanya untuk kerajinan tangan tas. Dan satu hal yang belum bisa kulakukan adalah mengganti pembalut dengan yang ramah lingkungan. Padahal dulu dengan tabah memakaikan lilo clodi, giliran mau pake menstrual cup atau THINX maju mundur. Hahaha....

Semoga ini semua menjadi kebiasaan kita, untuk bumi yang lebih baik. Untuk generasi mendatang yang tidak soro-soro banget dengan perubahan iklim.

Merdeka!

Eh, masih related kan? Jadi tema bulan Agustus. Merdeka dari plastik :p

Tidak ada komentar: