Senin, 26 Februari 2018

Financial olala

Realities are bitter. Denial is easier.

Suerrrr…..aku tertampar dengan quote di atas. Maunya A, B, C, banyak, tapi fuel pembangkitnya tiris. Sejak menikah urusan financial menjadi complicated. Apalagi sejak punya anak. Kayaknya rencana keuangan haruslah dipikirkan dengan matang, dieksekusi dengan bijak biar kita punya banyak pilihan.

Paling awal yang musti diketahui dan disadari agar kaki menapak ke tanah adalah kondisi awal. Ya dong, logikanya sebelum tahu mau apa dan kemana, musti tahu apa yang kita miliki sebagai amunisi untuk berjuang. Kita perlu tahu apa saja asset dan kewajiban yang kita miliki. Kita juga perlu tahu berapa penghasilan dan pengeluaran. Unfortunately, angka ngga pernah bohong. Lakukanlah financial check up bersama pasangan buat tahu kondisinya.

Saya mau sedikt cerita kebiasaan apa yang saya lakukan berkaitan dengan financial.

Disclaimer, I am not an expert. Hanya ingin berbagi cerita saja.

The power of Rp 20.000,-

Awalnya hanya gegara postingan viral soal ngumpulin duit Rp 20.000,- di facebook. Lalu nyoba, ngumpulin uang kembalian yang duapuluh ribu. Setahun dikumpulin bisa buat beli mesin cuci. Sensasinya itu macam iseng-iseng berhadiah. Kalo mau bisa saja dengan Rp 20.000,- bisa beli gadget sendiri tanpa nodong suami. Kalo mau lebih ok lagi, bisa dibelikan saham.

Trick Dompet Akordeon

Sebenarnya sama aja sih dengan sistem ala ibu jadoel, yakni manajemen amplop. Tapi karena amplop cepet lecek terus sobek makanya saya lebih milih dompet akordeon #halah. Biasanya habis ditransferin suami, langsung dibayarin dulu kewajiban. Bayar sekolah, bayar les, bayar lalala yeyeye dll dst dsb. Terus Tarik cash buat kebutuhan harian. Lha, kebutuhan harian ini dibantu sama si dompet akordeon.

Punya budget shopping

Fitrahnnya uang adalah alat pembayaran. Jadi wajar kalo dibuat belanja #Eh. Saya memang bukan orang yang demen shopping fashion stuff tapi kalo belanja essential oil….astagah dragon….ya gimana ya seus. Jadi, mau ngga mau biar ngga brutal, bikin budget berapa yang boleh dibelanjakan buat kesenangan pribadi. Oya, si 20ribu itu kalo ngga ada tujuan biasa saya parkir di sini juga.

Bikin daftar masakan tiap akhir minggu

Yes, dengan bikin daftar masakan, saya bisa tahu tiap minggu harus belanja apa saja buat makan sehari-hari. Dengan begitu saya ngga ngebuang bahan mentah karena kelamaan di kulkas. Dan….juga menghindari kekurangan bahan di tengah minggu. Kalo nngga punya bahan jadi banyak jajan *Blame to GoFood*.

Catat pengeluaran

Btw, mencatat pengeluaran itu annoying. Tapi untung kita hidup di jaman modern. Aplikasi pencatat keuangan itu banyak. Bagi saya, mencatat keuangan itu ngga sekedar mencatat, tapi bisa jadi rangkuman buat dicek. Jadi ketahuan kalo sering nabung di Sbux, Genki Sushi, burger king #Eh *brb beli saham MAP*. Biasanya saya lakukan di 3 bulan pertama, awal tahun. Jadi tahu rata-rata pengeluaran.


Dan untuk membantu hitung dan hitung pengeluaran, saya dibantu si cantik kalkulator #CasioMyStyle. Bukan sekedar kalkulator. The new colorful and stylish calculators feature single-tone designs that add to the fun of choosing a calculator in the color of your choice. Design dan pilihan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan kepribadian kamu. Jangan kuatir, ada 10 pilihan warna. Soal kualitas, brand CASIO tidak perlu diragukan. Sudah terbukti turun-temurun, kan? kan? kan? Materialnya kokoh, enak dipegang. #CasioMyStyle warnanya kekinian banget. Walo emak-emak berdaster, cuma ngitung belanjaan rumah, tetep butuh kece kekinian. Oya, ada covernya sehingga ngga gampang Kepencet-pencet saat diselipkan di buku agenda



Kalo penasaran, kamu pengen tahu kepribadian kamu cocoknya warna apa? Diana Rikasari akan membantumu di sini.


Btw, kalo kamu mau beli dan dapat diskon *Emak-emak banget kan diskonan* silahkan mampir ke mataharimall dan pakai code promo saya CASIOBLOGJN62186.

Selamat belanja.


Tidak ada komentar: