Selasa, 21 April 2015

Food chopper vs Food processor

Seperti yang sudah saya bilang, saya menganut aliran belilah peralatan dapur yang meringankan beban pekerjaan :p Pake chopper daripada ngulek. Peduli amatan ulegan lebih sedap daripada chopper :p Nggak sedap ngga masalah asalkan layak dimakan, nggak capek, dan nggak 'membebani' pergelangan tangan. 

Jika dilihat secara sekilas, food chopper dan food processor memiliki fungsi yang sama, bukan? Baik food processor maupun food chopper bekerja untuk menghancurkan makanan supaya lebih mudah dinikmati atau diolah. Padahal, pada dasarnya perlengkapan dapur unik ini memiliki beberapa perbedaan yang signifikan, antara lain:

Food chopper


Chopper adalah perlengkapan dapur yang berfungsi untuk memotong makanan menjadi bagian-bagian yang sangat kecil. Besar kecilnya hasil potongan tergantung pada jenis pisau yang digunakan dalam alat tersebut dan tinggi rendahnya kecepatan putaran mesin. Harganya lebih murah. Kalo di Philips tinggal beli cup chopper, disatukan dengan mesin blender. Got it.

Food processor



Perlengkapan dapur ini memiliki fungsi yang sama seperti chopper yaitu untuk memotong makanan sampai menjadi potongan terkecil, hanya saja food processor mampu mengerjakan tugas yang lebih banyak. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan bantuan alat tersebut antara lain:

Membuat adonan yang akan diolah menjadi kue atau masakan. Jika biasanya sebelum memasak perlu menghaluskan bumbu-bumbu secara tradisional aka ulegan, dengan bantuan food processor semua bumbu dapat dihaluskan sampai benar-benar tercampur rata. Memotong sayuran dan buah-buahan yang hendak dimasak. Proses ini sama dengan yang dilakukan oleh food chopper, yaitu memotong makanan sampai hancur. Membuat parutan keju dan kelapa tanpa membuatnya terlalu lembut. Menggiling daging sebelum memasaknya.  

Hari ini chopper saya terbelah jadi dua. Well, karena jatuh -,- untuk bumbu masih bisa pakai hand blender bekas awal MPASI anak-anak. Tapi buat cacahan daging? Uhm?! Should I consider buy food processor? Will see. Maybe after idul Fitri ya. Nabung jekkkk!!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hay Sist,

salam kenal..

Mau tanya saya pny blender philips dan berniat mau beli additional chopper. Utk blender philips yg sudah ada biasa mangkuk kecilnya utk ngalusin MPASI (kalo pake yg besar kan kegedeaan).. Nah pny niat beli additional chopper agar bisa bantu mertua ngalusin bumbu/cabai. Nah lebih enak mana yg buat bumbu/cabai (mangkuk kecil/ chopper), soalnya kan sekali kena cabai jd pedes..

Ditunggu pencerahannya yah, makasih