Rabu, 26 November 2014

Missing

Jujur, meski saya membatasi LiLo bergadeget ria tapi hati kecil saya berontak kalo ada yang bilang kids this day lost something, less happy. Karena rumahnya seupil nggak napak tanah pulak, gak bisa lari-lari bebas sampai dengkul bundas, dan itu....akrabnya sama gadget.

Jaman memang berubah. Dulu mo ngobrol paling nggak nelpon. Cuman denger suara. Sekarang? Video call. Ya jaman cucu saya kelak siapa tahu terowongan waktu ada nyata. Menurut saya, anak sama gadget itu setipe. Membutuhkan sesuatu yang berurutan dan konsisten. Kalo nggak dese akan crash, error. Ya nggak? 😁 Makanya mereka cepet akrab.

Kalo sekarang banyak yang missing karena perubahan jaman, yang salah siapa? Jamannya?! Teknologinya?! IMHO ada yang miss dengan kemampuan beradaptasi. Gadget itu benda. Jiwanya netral. Mau jadi bahaya atau manfaat tergantung bagaimana mengelolanya. Kalo tujuan manfaat nggak tercapai, yang salah cara menggunakannya bukan bendanya. Hiks....hiks...berat ya menjaga amanah sebagai orangtua? Harus sanggup membuat proses belajar anak tuntas. Astagfirullah. 

Mungkin jaman sekarang nggak bisa main di kali (jaman kecilku juga ga main di kali juga sik), manjat pohon, dll....tapi percayalah bagi anak balita lingkungan ini their giant playground 😄

0 komentar: