Selasa, 06 Mei 2014

Rawat atau cabut?




Halo,

Kapan hari kan aku pernah cerita kalo aku perawatan saluran akar gigi nah, daku 'mewawancarai' drg. Ari Sigit Sp. prost, kenapa melakukan perawatan akar dan pemasangan mahkota dari pada mencabutnya? Kenal sama si dokternya karena pernah operasi pengangkatan gigi bungsu sama kakaknya. But then makin ke sini appointment sama dokter Ari. Ya selain jadwalnya lebih longgar dibanding kakaknya, anak kita seumuran :)) Rumpi deh. Selain prakteknya pribadi, beliau prakteknya di Mitra keluarga Waru.

Kenapa perlu perawatan akar gigi?

Gigi yang berlubang akan menimbulkan sakit berdenyut kalau sudah mencapai ruang pulpa yang isinya adalah jaringan syaraf dan pembuluh darah. Bila tidak dirawat, infeksi bisa menyebar ke jaringan di bawah gigi dan menimbulkan abses. Abses berisi nanah, dan menyebabkan pembengkakan di gusi. Pada kasus-kasus tertentu abses ini bisa besar sekali hingga pipi menjadi bengkak. Gigi yang sedang sakit dan mengalami abses tidak boleh langsung dicabut karena infeksi yang terjadi sedang dalam fase akut. Rasa sakit dan abses harus diredakan dulu, dengan minum obat antibiotik sesuai resep dokter. Endodontic treatment (root canal treatment). Saluran tersebut emang harus dibersihin biar terhindar dari infeksi kuman. Habis itu dikasih obat di dalam giginya untuk mencegah kontaminasi bakteri

Mengapa sebaiknya orang merawat giginya ketimbang mencabut gigi yang sakit?

Kalau gigi dirawat seperti ditambal atau dibungkus dengan porselen, maka gigi dapat berfungsi kembali seperti semula, sebagai alat untuk mengunyah. Namun kalau gigi sudah begitu rusaknya sehingga hanya tersisa hanya sedikit akar gigi, sebaiknya dicabut dan cepat ganti dengan gigi palsu.

Kenapa harus diganti gigi palsu?

Gigi yang hilang dan tidak segera diganti dengan gigi palsu akan membuat gigi di sebelahnya bergeser dan gigi antagonisnya akan turun ke arah ruang yang kosong. Gigi tersebut akhirnya akan goyang dan harus dicabut. Bukannya menghilangkan masalah, tapi malah menimbulkan masalah baru. Maunya kehilangan satu gigi, akhirnya harus kehilangan banyak gigi.
Selama ini orang cenderung mencabut giginya ketimbang merawat saluran akar pada gigi yang berlubang. Alasannya, selain malas harus berkali-kali datang ke dokter gigi, juga ongkosnya mahal. Kalau ingin menghemat, sebetulnya bisa datang ke poliklinik rumah sakit. Dan jangan kapok berkali-kali datang, demi masa depan kesehatan gigi Anda. 

Alamat prakteknya pribadi : Jl. Pucang Anom no.86

Tidak ada komentar: