Rabu, 15 Januari 2014

Waspada Itu Perlu

Pic From Here
Saya baru saja mendengar berita kurang menyenangkan. Bayi, usia 9 bulan meninggal karena dehidrasi akibat diare. Terlambat dibawa ke dokter karena neneknya percaya bahwa bayi lumrah melewati tahap diare karena 'enteng-entengi' alias tambah pinter. Pinter di sini dimaksudkan si anak mau melewati milestone yang baru. Ohhh.... :( Sah-sah saja sih mempercayai begitu. Tapi juga nggak bisa careless. Tetep harus waspada. Kalo saya sih, Tuhan mengkaruniakan kita rasio untuk mencerna segala pengetahuan di muka bumi ini. Nggak boleh menelan mentah-mentah atau menolak mentah-mentah, kan? Dan ikhtiar dengan membaca, menambah pengetahuan saya rasa itu pilihan lebih baik.

Well, LiLo sendiri akhir tahun lalu juga terserang muntah diare....sehabis ngunyah sepatu --" Diawali Logan, setelah Logan pemulihan, Liam nyusul. Diare pada anak sangat merugikan, pertama bisa dehidrasi yang bisa berujung pada kematian, kehilangan elektrolit dan keseimbangan asam basa dalam tubuh dan kehilangan micronutrien.

Diare itu buang air besar dengan frekuensi lebih sering dan bentuknya encer. Yang lumrah terjadi diare disebabkan oleh virus. Penyembuhan diare tidak bertujuan membunuh virus melainkan mencegah dehidrasi. Infeksi virus membaik seiring daya tahan tubuh meningkat. Pertolongan pertamanya berikan CRO (Cairan Rehidrasi Oral) yak...oralit itu, lho. Ada yang bentuk sachet yang harus dilarutkan di air dan ada yang bentuk kemasan sudah jadi. Tentu untuk jaga-jaga sachet lebih gampang penyimpanannya. Masa sakitnya antara 3-7 hari. Liam, Logan sendiri 3 hari. Hari pertama muntah, Kedua diare, dan ketiga pemulihan. Jika anak, tidak mampu minum (tiap minum muntah), sangat lemah, ubun-ubun mencekung (buat 18 bulan ke bawah), menangis tapi ga ada air mata, kulit perut kalo dicubit kisut maka segeralah ke dokter. Itu tandanya dehidrasi mengintai. 

Kalo kemarin dokternya LiLo sempat memberikan probiotik dan Zinc. Bisa dibaca di sini dan sini.

Dan yang paling penting perhatikan : 
1. Food - Kebersihan makanan
2. Flies - Tutup makanan supaya tidak dihinggapi lalat. 
3. Field - Cucilah tangan sehabis beraktifitas lainnya sebelum makan
4. Feces - Buang air besar/kecil di jamban. Dan cuci tangan setelahnya

Sehat terus yaaaa

0 komentar: