Selasa, 28 Juli 2009

House Of Sampoerna



Menempati sebuah gedung bekas panti asuhan, House Of Sampoerna (HOS) terletak di kawasan Surabaya kota lama, Jl. Taman Sampoerna 6 Surabaya. HOS dikelilingi begitu banyak bangunan bersejarah, antara lain Jembatan merah, pasar pabean, dan juga kawasan religi Ampel.


Dibuka untuk umum pada tahun 2003, komplek HOS terbagi menjadi beberapa bagian. Di sebelah paling kiri terdapat rumah tinggal founder Sampoerna, Liem Seeng Tee. Meski sudah tidak dihuni, pengunjung tidak diijinkan masuk kedalamnya. Di sisi kanannya, terdapat auditorium utama yang berfungsi sebagai museum yang menyimpan properti Sampoerna kuno, seperti mesin-mesin cetak kuno, alat-alat riset pertama, tembakau-tembakau yang pernah dipergunakan, foto-foto keluarga pendiri, hingga kostum dan peralatan marching band Sampoerna yang mewakili Indonesia pada tournament of Roses di Pasadena, California Amerika Serikat. Diantara rumah tinggal founder Sampoerna dan museum terparkir Roll Royce kuno milik keluarga Sampoerna yang dulu pernah disita waktu kependudukan Jepang.


Selain sebagai museum, auditorium utama masih berfungsi sebagai tempat pelintingan rokok Dji Sam Soe. Jadi jangan heran jika sejak awal akan tercium aroma tembakau bercampur aroma cengkeh segar. Naik ke lantai 2 terdapat toko souvenir yang menjual merchandise Sampoerna dan juga benda-benda signature budaya Indonesia. Dan jika berkunjung di pagi hari, dari lantai 2 kita bisa melihat 3.900 wanita melakukan proses pelintingan rokok. Pengunjung juga bisa mencoba melinting sendiri rokok di ruang show.


Lepas dari museum, di sisi kanannya terdapat café. Café dengan sentuhan art deco ini menyediakan pengalaman kuliner yang menarik. Perpaduan selera asia dan barat tentu saja memberikan pilihan menarik bagi para pengunjungnya. Pada sore harinya, pertunjukan life music akan menemani perjamuan anda. –By: Primadika



Tidak ada komentar: