Jumat, 08 September 2017

LiLo Dan Sekolah Inklusi


Sekolah LiLo adalah sekolah inklusi. Bagi yang belum tahu, sekolah inklusi adalah sekolah regular (biasa) yang menerima ABK ( Anak Berkebutuhan Khusus) Dan menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan ATBK (Anak Tanpa Kebutuhan Khusus) dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan tentu sarana prasarananya.

Suatu hari ada kejadian, kawannya yang berspektrum autis marah meluap-luap di jam pulang. LiLo sendiri sepertinya ngga terlalu peduli mengapa kondisi kawannya berbeda. Interaksi main bareng asyik aja. Rupanya kejadian hari itu bikin mereka shock. Dan bertanya kenapa temannya begitu?

Saya sih menjelaskan kalo kawannya ini di badannya ada yang sakit. Kalo sakit kan tidak nyaman. Nah, di kesulitan mengungkapkan. Nah akhirnya dia marah, lempar-lempar. Dan dibalas dong, 'tapi kan aturannya kalo marah tidak boleh menyakiti orang lain dan diri sendiri'. Itu Liam, Logan sudah sanggup memahami. Temannya masih belajar tentang itu. Lalu saya tanya, kalo temannya seperti itu apa yang akan dilakukan? Liam jawab, 'menghindar Biar tidak kena pukul/lempar-lempar'. Dan kalo dia tenang baru main bersama.

Sungguh, kondisi seperti ini momen mereka memahami persoalan sosial. Belajar empati. Belajar keragaman. Sekolahnya juga terdiri beragam suku Dan agama. Mudah-mudahan bisa memperkaya hati. InsyaAllah bisa Jadi bekal hidup kelak.

Tidak ada komentar: