Senin, 20 Februari 2012

Lalu, kota seperti apakah anak-anak kita kelak dibesarkan?!



Semalam saya nonton, lupa acara apa, tapi di channel BBC Knowledge. Tentang liputan sebuah kota. Ciudad Juarez di Mexico.Kota ini sungguh sangat mengerikan. Statistik menunjukkan setiap hari 20 orang meninggal di jalan. Bukan karena kecelakaan tapi dibunuh. Ditembak di area publik. Jumlahnya lebih besar dibanding jumlah orang meninggal di Bagdad. Bunuh-bunuhan ini dilakukan antar geng. Geng yang menjual drugs.Geng yang memiliki kepentingan-kepentingan kekuasaan. Dan penelitian menunjukkan pula, hal ini disebabkan karena birokrasi yang korup.

Lalu ingatan saya bergulung ke beberapa jam sebelumnya. Di televisi nasional menunjukkan CCTV pembunuhan bos SANEX. Kali ini di Jakarta, Indonesia. Menurut analisa, ini juga 'perang' oleh geng.

Lalu, kota seperti apakah anak-anak kita kelak dibesarkan?!

Memang saya tidak tahu angka statistik kejahatan di Jakarta. Berapa orang terbunuh? Berapa orang hilang? Berapa orang mengalami kekerasan seksual? Berapa geng yang ada di sana yang kerap melakukan kekerasan?

Saya, sebagai pribadi. Dan kelak insyallah diberi amanah membesarkan anak sendiri. Saya ingin anak-anak saya dibesarkan di kota yang aman, nyaman, bersih. Keinginan yang sederhana? Keinginan ideal. Entahlah, bisakah ini diwujudkan?

Harus bisa!

Tinggal di wilayah konflik / kriminalitas tinggi? Saya rasa tak banyak orang akan berkata "Saya bersedia".

Tidak ada komentar: